Jumat, 25 September 2015

Solusi Masalah AKI Vixion tidak mengisi

SOLUSI MASALAH AKI/Accu VIXION TIDAK MENGISI

Vixion Old
Perkenalkan saya Kulle Jalung, tinggal di Kab.Kubar          Kota Sendawar.

Saya akan membegai sedikit pengalaman saya tentang masalah AKI/Accu Vixion tidak mengisi semoga ini bisa berguna bagi pengguna Yamaha Vixion.

Motor Yamaha Vixion sangat tergantung dengan keberadaan AKI karna itu AKI/Accu gak boleh tekor bro.

Langsung aja gak pakai bertele-tele jika ingin mengetahui dimana masalah AKI/Accu vixion tidak mengisi, tersangka utama adalah (Accu mungkin sdh waktunya diganti, Kiprok sudah rusak, Spulnya hangus, Sekring 20amp putus).
- Cara mengecek AKI/Accu : Coba cas pakai charger AKI manual kalau ternyata Vollnya bertambah berarti AKI/Accunya masih bagus dan sebaliknya kalau tidak mau mengisi ganti aja bro.
- Cara mengecek Kiprok yang simpel : anda pinjam dulu teman anda tapi pastikan kelistrikannya normal cara mengecek kelistrikan normal atau tidak adalah coba hidupkan motor temanmu lalu cabut kabel (-) di AKI/Accunya kalau mati berarti motornya gak normal tapi kalau motornya tetap menyala berarti motornya normal dan bisa dipakai untuk ngetes Kiprok motormu, oh y cara mengetahui ngisi atau tidaknya coba pakai Multimeter Digital ditancap di(-)&(+)nya kalau nambah berarti Kiprok motormu bagus aja.
Multimeter Digital

 - Cara ketiga cek Sekringnya yang posisinya dekat AKI/Accu kalau putus tinggal ganti.
- Tapi kalau semuanya tidak ada masalah tersangka terakhir adalah Spulnya, tapi biasanya pemakainya wajar jarang sekali Spulnya hangus tapi jika perna memakai Lampu HID dan Aksesoris lainya bisa membuat Spul jadi hangus, seperti yang pernah menimpah motor Vixionku.

Biasanya Hrg : Kiprok Asli Rp.250.000,-
                       Spul Asli     Rp. 300.000,- + Pasang
                       AKI/Accu   Rp. Tergantung Merk.

Pesanku mendingan pilihlah Part Asli Yamaha agar tidak beli 2 kali, memang harganya agak mahal tapi Kwalitas terjamin.

Catatan: Sebelum semua dimulai cobalah hidupkan motormu lalu copot kabel(-) di AKI/Accu kalau ternyata hidup berarti motormu normal aja tapi jika motor mati ya silahkan gunakan cara diatas semoga bermanfaat bro.

By. Kulle Jalung Bilung Njau DAYKEN BORNEO
















19 komentar:

  1. Saya sudah lakukan pengecekan kabel di cabut yang (-) motor nya malah mati itu apa msalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti motornya yang emang harus diganti baru mas...

      Hapus
    2. Ecu dan pulser dah ganti. Tapi api malah gak nyampe ke coil saran dong gan

      Hapus
  2. Pinjam dulu teman anda artinya apa bgsd?

    BalasHapus
  3. Udah ganti kiprok udah ganti aki tapi ttp aja tekor akinya..apakah itu spulnya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aki bisa lampu pernah ganti dan watt terlalu besar.
      Akibatnya aki tekor

      Hapus
  4. Ganti motor ajah bang yang baru

    BalasHapus
  5. Kalo kontak di onkan tapi gk nyala. Waktu disela dia nyala. Pengecekan aki kondisi oke
    Kira2 apa senior?

    BalasHapus
  6. Pertanyaan tidak terjawab.. Pemirsa kecewa

    BalasHapus
  7. Numpang tanya. Bos motor ku aki ny sering tekor pdahal udah saya chager. Kok 5 hari tekor lg . Solusiny gimna bos

    BalasHapus
  8. Pnya saya aki nya sering abis sendiri padahal kontak off

    BalasHapus
  9. Bos ku ..posisi kuncin keadaan off..terus saya engkol berkali kali tidak menyala..saya starter pu tidak menyala.hampir putus asa.apakah kiprok rusak atau aki nya ya

    BalasHapus
  10. Terima kasih banyak informasinya

    BalasHapus
  11. Punya ku ga ada akine tpi ttp hidup motornya. Normal kah??

    BalasHapus